Senin, 11 Maret 2013

definisi Website Science

website science sendiri terdiri dari dua kata, dan saya akan menjelasan satu persatu kata tersebut :

Website 
website atau sering disingkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video atau jenis-jenis berkas lainya. sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti interner, atau jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenal sebagai URL.

terlepas cara pembuatan websitenya, setiap website menyimpan file-filenya dalam sebuah tempat penyimpanan yang sering disebut web server. sebuah web server bisa digunakan untuk menyimpan file-file dari banyak website. namun ada juga website besar yang menyimpan file-filenya dibanyak  web server ditempat yang berbeda, contoh mudahnya adalah google.

domain website fungsinya adalah sebagai alamat agar website anda mudah ditemukan oleh manusia. domain sebenarnya merujuk pada alamat virtual yang dimiliki oleh hosting website tersebut. sedangkan software yang dipakai untuk mengakses website biasa kita sebut dengan web browser. Mozilla firefox dan google chrome merupakan contoh web browser yang paling digemari sekarang ini. teknologi website selalu berkembang, sekarang ini  ada banyak sekali website yang dibuat dengan  tujuan yang berbeda. berdasarkan kegunaanya, jenis website tersebut adalah website onlinestore seperti Amazon, atau jejaringan sosial seperti Facebook dan twitter, website forum seperti kaskus dan masih banyak yang lain.

fungsi website :

  • media promosi
sebagai media promosi dapat dibedakan menjadi media promoasi utama, misalnya website yang berfungsi sebagai search engine atau toko online atau sebagi penunjang promosi utama, namun website dapat informasi  yang lebih lengkap dari pada media offline seperti koran atau majalah.
  • media pemasaran
pada toko online atau sistem afiliasi, website merupakan media pemasaran yang cukup baik, karena  dibandingkan toko sebagaimana di dunia nyata, untuk membangun toko online diperlukan relatif lebih kecil dan dapat beroperasi 24 jam.
  • media informasi
website portal dan radio atau tv online menyediakan informasi yang bersifat golbal karena dapat diakses dari mana saja selama dapat terhubung ke internet, sehingga dapat menjangkau lebih luas dari pada media informasi konfensional seperti koran, radio atau televisi yang bersifat lokal.
  • media pendidikan
ada komunitas membangun website khusus memberi informasi atau artikel dengan sarat informasi ilmiah misalnya wikipedia.
  • media komunikasi
sekarang banyak terdapat website yang dibangun khusus untuk berkomunikasi seperti forum yang dapat memberikan fasilitas bagi para anggotanya untuk saling berbagi informasi atau membantu pemecahan masalah tertentu.

Science
science atau sains sangat erat hubungannya dengan ilmu pengetahuan, banyak yang mendefinisikan bahwa sains itu sama dengan ilmu pengetahuan. namun menurut bahasa sains adalah aktitifitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh manusia yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia sekitar mereka dan keinginan untuk memahami suatu hal atau kejadian tersebut.

maka dapat disimpulakan Web Science adalah ilmu yang memepelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaan banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. denagn tampilan web yang menarikdan abrtaktik dan memunculkan minat banyak orang untuk membaca web tersebut. contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersial atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.

Contoh Web Science
Wikipedia : web tersebut merupakan search engin untuk mencari berbagai informasi sesuai dengan yang kita butuhkan. Artikel-artikel yang terdapat dalam Wikipedia merupakan pengetahuan dari seluruh dunia yang sudah sangat terkenal dalam pencarian artikel-artikel pembelajaran. karena Wikipedia kaya akan artikel-artikel yang update sehingga banyak diakses oleh masyarakat dan memiliki manfaat untuk semuanya dalam hal edukasi.



http://www.mattjunior.com/2013/02/penjelasan-website-secara-singkat/
http://pakarweb.com/index.php?option=com_content&view=article&id=4&Itemid=5
http://blog-bintang.blogspot.com/2011/03/sejarah-dan-contoh-web-science.html
http://hanya-ingin-berbagi-ilmu.blogspot.com/2012/04/pengertian-tentang-web-science.html?view=flipcard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar